Ringkasa tugas E-Businees
TUGAS RINGKASAN
“Ringkasan Tugas E-Businees I,II,III,IV”
Oleh
Renaldi
1524744091
JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS
PRODI MANAJEMEN PERUSAHAAN
POLITEKNIK NEGERI KUPANH
2018
RINGKASAN
TUGAS 1
(Sejarah E-Business)
Pada
tahun 1994, ibm, dengan agensinya ogilvy & mather, mulai menggunakan
fondasinya dalam solusi dan keahlian ti untuk memasarkan dirinya sebagai
pemimpin dalam melakukan bisnis di internet melalui istilah "bisnis
elektronik". Kemudian ceo louis v. Gerstner, jr. Siap menginvestasikan $ 1
miliar untuk memasarkan brand baru ini
Setelah
melakukan riset pasar di seluruh dunia pada bulan oktober 1997, ibm memulai
dengan potongan delapan halaman di wall street journal yang akan memperkenalkan
konsep "e-business" dan mengiklankan keahlian ibm di bidang baru. Ibm
memutuskan untuk tidak merek dagang istilah "e-bisnis" dengan harapan
perusahaan lain akan menggunakan istilah tersebut dan menciptakan keseluruhan
industri baru. Namun, ini terbukti terlalu berhasil dan pada tahun 2000, untuk
membedakan dirinya sendiri, ibm meluncurkan kampanye senilai $ 300 juta tentang
kemampuan "infrastruktur e-bisnis" -nya. Sejak saat itu, istilah "e-business"
dan "e-commerce" telah saling dipertukarkan secara longgar dan telah
menjadi bagian dari bahasa sehari-hari.
1.
Awal Perkembangan E-Business
a.
Pada tahun 1970-an.Aplikasi E-Bisnis pertama kali dikembangkan dan
digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut
dengan Electronic Fund Transfer (EFT).
b.
Pada tahun 1970-an.Aplikasi E-Bisnis pertama kali dikembangkan dan
digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut
dengan Electronic Fund Transfer (EFT).
c.
Pada tahun 1990.Dimana teknologi World Wide Web (WWW), semakin
maju karena tidak hanya menampilkan data saja melainkan sudah mampu menampilkan
data gambar, suara, animasi bahkan video.
d.
Pada tahun 2000-an.Perkembangan E-Bisnis, semakin pesat dimana
banyak perusahaan-perusahaan di Amerika, Eropa, Asia bahkanIndonesia telah
beralih dalam konsep memasarkan produk-produknya melalui Internet.
2.
Evolusi E-Bisnis
Menurut Loudon (2010:35), ada tiga fase
perkembangan dalam dunia E-Bisnis, yaitu :
a.
Fase Inovasi (1995-2000)
b.
Fase Konsolidasi (2001-2006)
c.
Fase Re-Invensi (2006-Sekarang)
RINGKASAN TUGAS 2
(“Businees
to Businees (B2B)”)
A. Sekilas
Tentang B2B : Business-To-Business
Bisnis-ke-bisnis (Business-to-business)
adalah transaksi komersial antara pelaku bisnis, misalkan antara perusahaan perakitan
dan perusahaan distribusi. B2B ini adalah salah satu jenis pemasaran.
1. Asal Kata
stilah ini dipakai untuk
komunikasi elektronik antara pelaku bisnis atau perusahaan sebagai pembeda
dengan komunikasi para konsumen produk. Pada awalnya istilah ini digunakan
untuk industri dan pemasaran barang modal saja, namun saat ini dipakai untuk
mendeskripsikan semua produk barang dan jasa yang digunakan oleh perusahaan.
2. Definisi B2B
Istilah
B2B dan B2C adalah bentuk pendek untuk Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer
(B2C). Keduanya menggambarkan proses alami dalam pemasaran barang dan jasa.
Jika produk dan jasa B2B dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain,
produk B2C dijual dari perusahaan ke pengguna akhir.
B2B adalah istilah yang dipakai untuk konsep business to business.
Konsep bisnis ini merupakan transaksi bisnis yang terjadi antara entitas bisnis
satu ke bisnis lainnya. Dengan kata lain B2B ialah pemasaran produk atau jasa
oleh salah satu bisnis ke bisnis lainnya, bukan langsung ke customer seperti
B2C.
Jenis e-commerce Business to Business atau B2B adalah
bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan
bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan.Biasanya bisnis B2B
dilakukan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email yang berguna
untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi, atau pengiriman dan
permintaan proposal bisnis.
EDI (Electronic Data Interchange) adalah proses transfer
data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem
komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.
Contoh
website E-commerce B2B adalah :
RINGKASAN TUGAS 3
(“Cara Kerja Internet Dan Fungsi
Situs”)
A.
Cara
Kerja Internet
Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara
menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").Proses cara kerja internet sampai menampilkan
halaman di web browser yang sesuai dengan permintaan dapat di urutkan dengan
proses singkat di bawah ini.
ü Mengetik
alamat (URL) ke dalam “Address Bar” atau klik pada hyperlink.
ü Browser
Anda mengirimkan permintaan ke server ISP untuk meminta halaman.
ü Server
ISP akan melihat ke database besar alamat internet dan menemukan host server
yang tepat sesuai dengan alamat URL yang anda kirimkan, kemudian mengirimkan ke
server host bahwa ada permintaan untuk halaman URL tersebut.
ü Host
server mengirimkan halaman yang diminta ke server ISP.
ü ISP
akan mengirimkan halaman ke browser dan anda dapat melihat tampilan pada layar
browser.
Mengakses internet dengan browser
paling aman di jagat raya seperti IE mungkin
dapat membantu keamanan anda dalam menggunakan internet. Kecepatan ISP mungkin
dapat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, jika anda ingin mendownload
file yang besar anda mungkin membutuhkan software
download cepat agar dapat membantu koneksinya.
B.
Fungsi
situs
Mungkin anda sudah mengenal apa itu situs web. Situs web adalah
hasil penyajian file HTML yang ada di internet. Hampir atau bahkan semua isi
internet adalah situs web. Saat ini jumlah situs web sudah melebihi
kurang lebih 1 milyar. Kita banyak mengenal situs web seperti facebook,
wikipedia, google dan sebagainya. Namun apakah anda tahu apa fungsi situs web
tersebut? Dalam pembuatanya ternyata situs web di golongkan menjadi 4 fungsi.
Lalu apa keempat fungsi tersebut?
Secara
umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:
1)
Fungsi Komunikasi
2) Fungsi Informasi
3) Fungsi Entertainment
4) Fungsi Transaksi
RINGKASAN TUGAS
4
(“Teknik Pemasaran Melalui Internet”)
Berikut adalah beberapa teknik pemasaran melalui Internet sebagai
berikut:
1.
Teknik
Artikel Marketing
2.
Teknik
Advertising Marketing
3.
Tehnik
Email Marketing
4.
Teknik
Forum Marketing
5.
Teknik
Social Media Marketing
6.
Teknik
Social Bookmarking Marketing
7.
Teknik
Video Marketing
8.
Teknik
Network Marketing
Perkembangan teknologi informasi juga
didukung oleh berkembangnya dunia blogger di Indonesia yang semakin hari
semakin meningkat dari segi kuantitas dan kualitasnya. Maka Jadilah Blogger
Indonesia yang bisa memberikan manfaat untuk perkembangan berita dan informasi
di Indonesia dan dunia pada umumnya. Jangan jadi spamer blogger dengan blog
yang tidak berkualitas sama sekali.
Bagaimana Cara Memasarkan Barang/Jasa Melalui Online?
Pemasaran
Internet atau e-pemasaran (bahasa Inggris: Internet marketing atau e-marketing
atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan
pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau
jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang
artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat
Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam
beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti
halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.
Garis besar strategi pemasaran online dapat dibagi menjadi 6
langkah, yang di singkat SISTEM:
1)
S
– Search and research.
2)
I
– Initiate strategy
3)
S
– Start content engine.
4)
T
– Traffic.
5)
E
– Embrace relationship.
6)
M
– Money.
Komentar
Posting Komentar