Ringkasa tugas E-Businees


TUGAS RINGKASAN
“Ringkasan Tugas E-Businees I,II,III,IV”



Oleh
Renaldi
1524744091


JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS
PRODI MANAJEMEN PERUSAHAAN
POLITEKNIK NEGERI KUPANH
2018


RINGKASAN TUGAS 1
(Sejarah E-Business)
Pada tahun 1994, ibm, dengan agensinya ogilvy & mather, mulai menggunakan fondasinya dalam solusi dan keahlian ti untuk memasarkan dirinya sebagai pemimpin dalam melakukan bisnis di internet melalui istilah "bisnis elektronik". Kemudian ceo louis v. Gerstner, jr. Siap menginvestasikan $ 1 miliar untuk memasarkan brand baru ini
Setelah melakukan riset pasar di seluruh dunia pada bulan oktober 1997, ibm memulai dengan potongan delapan halaman di wall street journal yang akan memperkenalkan konsep "e-business" dan mengiklankan keahlian ibm di bidang baru. Ibm memutuskan untuk tidak merek dagang istilah "e-bisnis" dengan harapan perusahaan lain akan menggunakan istilah tersebut dan menciptakan keseluruhan industri baru. Namun, ini terbukti terlalu berhasil dan pada tahun 2000, untuk membedakan dirinya sendiri, ibm meluncurkan kampanye senilai $ 300 juta tentang kemampuan "infrastruktur e-bisnis" -nya. Sejak saat itu, istilah "e-business" dan "e-commerce" telah saling dipertukarkan secara longgar dan telah menjadi bagian dari bahasa sehari-hari.
1.        Awal Perkembangan E-Business
a.         Pada tahun 1970-an.Aplikasi E-Bisnis pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut dengan Electronic Fund Transfer (EFT).
b.         Pada tahun 1970-an.Aplikasi E-Bisnis pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut dengan Electronic Fund Transfer (EFT).
c.          Pada tahun 1990.Dimana teknologi World Wide Web (WWW), semakin maju karena tidak hanya menampilkan data saja melainkan sudah mampu menampilkan data gambar, suara, animasi bahkan video.
d.         Pada tahun 2000-an.Perkembangan E-Bisnis, semakin pesat dimana banyak perusahaan-perusahaan di Amerika, Eropa, Asia bahkanIndonesia telah beralih dalam konsep memasarkan produk-produknya melalui Internet.

2.         Evolusi E-Bisnis
Menurut Loudon (2010:35), ada tiga fase perkembangan dalam dunia E-Bisnis, yaitu :
a.         Fase Inovasi (1995-2000)
b.         Fase Konsolidasi (2001-2006)
c.          Fase Re-Invensi (2006-Sekarang)
                                                      
RINGKASAN TUGAS 2
(“Businees to Businees (B2B)”)
A.      Sekilas Tentang B2B : Business-To-Business
Bisnis-ke-bisnis (Business-to-business) adalah transaksi komersial antara pelaku bisnis, misalkan antara perusahaan perakitan dan perusahaan distribusi. B2B ini adalah salah satu jenis pemasaran.
1.      Asal Kata
stilah ini dipakai untuk komunikasi elektronik antara pelaku bisnis atau perusahaan sebagai pembeda dengan komunikasi para konsumen produk. Pada awalnya istilah ini digunakan untuk industri dan pemasaran barang modal saja, namun saat ini dipakai untuk mendeskripsikan semua produk barang dan jasa yang digunakan oleh perusahaan.
2.      Definisi B2B
Istilah B2B dan B2C adalah bentuk pendek untuk Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C). Keduanya menggambarkan proses alami dalam pemasaran barang dan jasa. Jika produk dan jasa  B2B dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain, produk B2C dijual dari perusahaan ke pengguna akhir.
B2B adalah istilah yang dipakai untuk konsep business to business. Konsep bisnis ini merupakan transaksi bisnis yang terjadi antara entitas bisnis satu ke bisnis lainnya. Dengan kata lain B2B ialah pemasaran produk atau jasa oleh salah satu bisnis ke bisnis lainnya, bukan langsung ke customer seperti B2C.
Jenis e-commerce Business to Business atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan.Biasanya bisnis B2B dilakukan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email yang berguna untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi, atau pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
EDI (Electronic Data Interchange) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.
Contoh website E-commerce B2B adalah :
·         PT Krakatau Steel (www.krakatausteel.com)
·         Unilever (www.unilever.co.id/id/)
·         Indonetwork.co.id
RINGKASAN TUGAS 3
(“Cara Kerja Internet Dan Fungsi Situs”)
A.      Cara Kerja Internet
Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").Proses cara kerja internet sampai menampilkan halaman di web browser yang sesuai dengan permintaan dapat di urutkan dengan proses singkat di bawah ini.
ü  Mengetik alamat (URL) ke dalam “Address Bar” atau klik pada hyperlink.
ü  Browser Anda mengirimkan permintaan ke server ISP untuk meminta halaman.
ü  Server ISP akan melihat ke database besar alamat internet dan menemukan host server yang tepat sesuai dengan alamat URL yang anda kirimkan, kemudian mengirimkan ke server host bahwa ada permintaan untuk halaman URL tersebut.
ü  Host server mengirimkan halaman yang diminta ke server ISP.
ü  ISP akan mengirimkan halaman ke browser dan anda dapat melihat tampilan pada layar browser.
Mengakses internet dengan browser paling aman di jagat raya seperti IE mungkin dapat membantu keamanan anda dalam menggunakan internet. Kecepatan ISP mungkin dapat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, jika anda ingin mendownload file yang besar anda mungkin membutuhkan software download cepat agar dapat membantu koneksinya.

B.       Fungsi situs
     Mungkin anda sudah mengenal apa itu situs web. Situs web adalah hasil penyajian file HTML yang ada di internet. Hampir atau bahkan semua isi internet adalah situs web.  Saat ini jumlah situs web sudah melebihi kurang lebih 1 milyar. Kita banyak mengenal situs web seperti facebook, wikipedia, google dan sebagainya. Namun apakah anda tahu apa fungsi situs web tersebut? Dalam pembuatanya ternyata situs web di golongkan menjadi 4 fungsi. Lalu apa keempat fungsi tersebut?
Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:
1)    Fungsi Komunikasi
2)      Fungsi Informasi
3)      Fungsi Entertainment
4)      Fungsi Transaksi
RINGKASAN TUGAS 4
(“Teknik Pemasaran Melalui Internet”)
Berikut adalah beberapa teknik pemasaran melalui Internet sebagai berikut:
1.        Teknik Artikel Marketing
2.        Teknik Advertising Marketing
3.        Tehnik Email Marketing
4.        Teknik Forum Marketing
5.        Teknik Social Media Marketing
6.        Teknik Social Bookmarking Marketing
7.        Teknik Video Marketing
8.        Teknik Network Marketing 
Perkembangan teknologi informasi juga didukung oleh berkembangnya dunia blogger di Indonesia yang semakin hari semakin meningkat dari segi kuantitas dan kualitasnya. Maka Jadilah Blogger Indonesia yang bisa memberikan manfaat untuk perkembangan berita dan informasi di Indonesia dan dunia pada umumnya. Jangan jadi spamer blogger dengan blog yang tidak berkualitas sama sekali. 
Bagaimana Cara Memasarkan Barang/Jasa Melalui Online?
Pemasaran Internet atau e-pemasaran (bahasa Inggris: Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.
Garis besar strategi pemasaran online dapat dibagi menjadi 6 langkah, yang di singkat SISTEM:
1)   S – Search and research.
2)   I – Initiate strategy
3)   S – Start content engine.
4)   T – Traffic.
5)   E – Embrace relationship.
6)   M – Money.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ruangan-ruangan di politeknik negeri kupang

Jual HP Nokia